Beranda » Akuntansi Online » Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

T Diposting oleh pada 17 Maret 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2001 kali

Dunia teknologi terus berkembang pesat, khususnya di dunia bisnis dan kewirausahaan. Anda sebagai seorang pengusaha tentu harus tetap update akan software atau tools yang bisa membantu performa bisnis untuk meraih kesuksesan. Sejak maraknya penggunaan Internet pertama kali di tahun 90-an, semakin banyak pula vendor software untuk bisnis yang mengembangkan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan bisnis.

Ingat, ketika pesaing Anda sudah mulai menggunakan teknologi ter-update dan Anda ketinggalan informasi ini, Anda tidak benar-benar siap untuk menghadapi persaingan bisnis. Lagi pula, tujuan utama menggunakan software bisnis adalah agar pekerjaan bisnis bisa dikerjakan secara cerdas dan hemat waktu dan tenaga. Dan ketika Anda berhasil menemukan software bisnis yang tepat, Anda bisa menjaga keefisiensian dan fokus pada tugas-tugas lain yang paling penting bagi bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membagi tiga kategori software untuk kebutuhan umum kinerja bisnis, yaitu dari kategori Operasional, Pemasaran, Human Relationship (HR) Management, dan Keuangan. Berikut software-software bisnis yang tepat guna dan bisa Anda pertimbangkan untuk kebutuhan pekerjaan dan bisnis:

Software untuk Operasional Bisnis

Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik1. Gmail

Di era digital seperti saat ini, email adalah salah satu kegiatan yang penting bagi bisnis. Dengan email, Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengirim pesan ke karyawan, pelanggan, ataupun ke supplier. Gmail merupakan salah satu layanan email dari Google yang menyediakan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. Dengan Gmail, Anda juga bisa menyimpan selluruh data di dalam Google Drive. Anda juga bisa meminta kepada Gmail untuk menggunakan email dengan url bisnis Anda.

2. Trello

Trello adalah tools atau software yang membantu Anda mengelola suatu proyek bisnis dan tetap menjaga komunikasi antar anggota tim berjalan dengan lancar. Ini akan sangat membantu tim Anda bekerja dengan baik, hemat waktu, dan menghindari kemungkinan miss komunikasi antar anggota tim.

Sebelum zaman Trello dan program serupa dikembangkan, surel adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan setiap anggota tim Anda. Meskipun tetap bisa membantu alur komunikasi antar anggota tim pada tingkatan tertentu, namun tetap saja ada kemungkinan pesan atau posting-an penting yang tertumpuk dan tidak ter-manage dengan baik. Sehingga terdapat kemungkinan anggota tim lain melewatkan pesan-pesan penting tersebut dan ini menjadi tidak efisien.

Dengan Trello, semua hal terkait dengan pekerjaan tim Anda dapat dibagikan di satu tempat yang sama. Hanya perlu beberapa menit untuk membuat workflow board dengan Trello. Bahkan, Anda dapat dengan cepat mengundang seluruh anggota tim Anda dan semuanya dapat ikut serta berpartisipasi dengan efisien.

Software untuk Pemasaran Bisnis

1. HubSpot

Ketika berbicara mengenai pemasaran, penjualan, dan software Customer Relationship Management (CRM), HubSpot menjadi salah satu software yang paling bisa diandalkan. Dari menarik pelanggan hingga membuat pelanggan membeli produk Anda, HubSpot akan membantu menyatukan seluruh jaringan pemasaran Anda.

Anda tahu betapa pentingnya jaringan pemasaran Anda agar berfungsi dengan baik. Dengan software ini, Anda memiliki akses untuk mengatur dan menggunakan blogging, SEO, Social Media, Situs web, Lead management, Landing Page, Calls-to-Action, Otomatisi Pemasaran, E-mail, Analisis Penjualan Bisnis.

Semua kebutuhan pemasaran bisnis Anda akan terpenuhi ketika Anda mengandalkan software pemasaran all-in-one HubSpot. Itu sebabnya HubSpot adalah pilihan utama bagi mereka yang ingin memulai bisnis.

Dengan semua jaringan pemasaran yang Anda butuhkan di satu software, Anda tidak perlu lagi mencari alternatif software pemasaran lain. Ini akan membantu Anda mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa-masa awal membangun bisnis. Karena ketika masalah pemasaran Anda tertangani oleh HubSpot, Anda bisa berfokus kepada pekerjaan bisnis lainnya.

2. Marketo

Marketo, salah satu tools yang menyediakan analisis rinci, mulai dari mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada dalam perusahaan hingga panduan untuk otomatisasi pemasaran. Tools ini direkomendasikan untuk mengatur bisnis skala kecil hingga menengah, namun tetap bisa digunakan untuk perusahaan besar.

Dengan software Marketo, Anda dapat menggunakan platform email marketing berbasis web. Anda juga bisa menggunakan fitur yang mempermudah Anda dalam membuat landing pages, menganalisis website, mengelola email marketingsocial media, dan lain-lain.

Anda juga bisa membuat campaign digital secara otomatis dan melakukan personalisasu dari proses customer engagement. Sangat membantu pengelolaan pemasaran bisnis Anda bukan?

Software untuk Kebutuhan HR Management

Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

1. Zoho People

Zoho People adalah software HR Management berbasis cloud yang digunakan untuk membantu bisnis atau perusahaan mengelola dan mengatur data karyawan. Tidak hanya didesain untuk bisnis kecil dan menengah, Zoho People juga dapat melayani perusahaan berskala besar juga. Ada sejumlah alat di platform ini yang membantu meringankan pekerjaan seorang manajer SDM. Dengan Zoho People, bisnis bisa melacak absensi karyawan, mengelola timesheets, membuat formulir khusus, mengelola penilaian kinerja, dan masih banyak lagi.

Mesikipun Zoho People tidak memiliki fitur yang lebih “kaya” dari platform pesaingnya, software ini jauh lebih transaparan dan mudah digunakan. Dengan mengotomatisasikan semua proses rekrutmen khusus bisnis Anda, Zoho People akan membantu tugas-tugas tim SDM sehingga mereka bisa meluangkan waktu mereka untuk berfokus pada pekerjaan penting lainnya.

2. Sleekr HR

Sleekr HR adalah software HR berbasis cloud yang digunakan untuk keperluan manajemen sumber daya manusia (human resource) perusahaan. Software ini merupakan produk asli yang dibuat di Indonesia dan secara khusus dirancang untuk perusahaan-perusahaan yang berbasis di Indonesia.

Dengan Sleekr HR, pengelolaan administrasi HR bisa dikerjakan secara praktis, andal, dan mudah digunakan kapan dan di mana saja. Sleekr memiliki berbagai fitur yang mempermudah pekerjaan tim SDM Anda seperti perhitungan PPh 21, pengelolaan database karyawan, proses payroll, absensi karyawan, reimbursement, dan masih banyak lagi. Anda tidak lagi membutuhkan platform berbasis drive untuk mengumpulkan dan membagikan data-data terkait pengelolaan SDM yang dimana hal tersebut akan menjadi tidak efisien pada tingkatan tertentu. Cukup dengan menggunakan Sleekr HR, semua tugas terkait SDM dikerjakan di satu tempat dan tentunya data-data tersebut tetap terjaga dengan aman di database Sleekr HR.

Software untuk Kebutuhan Keuangan Bisnis

Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

1. Klikpajak

Kebanyakan para pebisnis masih belum mendapatkan informasi lebih mengenai tata cara perpajakan yang baik dan benar. Dengan software Klikpajak, pembayaran dan pelaporan pajak bisa dilakukan secara online, aman, mudah, dan praktis. Sebagai mitra resmi dari Ditjen Pajak, KlikPajak bahkan dapat mengeluarkan bukti resmi selayaknya Anda lapor melalui DJP Online.

Bayar dan lapor SPT Tahunan pribadi maupun badan, serta SPT masa (bulanan) badan bisa dilakukan oleh software KlikPajak dengan instan. Tidak hanya itu, terdapat fitur menarik dari Klikpajak yaitu Arsip Pajak. Dengan Arsip Pajak, Anda tidak perlu takut untuk kehilangan file perpajakan perusahaan atau bisnis Anda. Anda dapat mengelola sekaligus menyimpan seluruh bukti potong, bukti bayar dan bukti lapor pajak Anda di database Klikpajak.

2. Jurnal

Jurnal merupakan software akuntansi online yang menyediakan kemudahan akses di manapun dan kapanpun secara instan dan telah tersertifikasi oleh ISO/IEC 27001. Pencatatan transaksi bisnis, pembuatan Laporan Keuangan lengkap, pengelolaan aset-aset dan persediaan, dan masih banyak lagi fitur-fitur akuntansi yang ditangani oleh Jurnal secara lengkap dan komprehensif. Data akuntansi bisnis maupun perusahaan Anda akan tersimpan dengan aman karena Jurnal akan mem-backup data secara realtime setiap Anda merekam segala transaksi bisnis di cloud database Jurnal. Dan Anda tidak perlu repot-repot meng-install Jurnal karena fitur-fitur dari Jurnal bisa Anda gunakan melalui web browser kesayangan Anda.

Menariknya, Jurnal juga mengeluarkan fitur Jurnal Touch. Yang di mana Jurnal Touch merupakan aplikasi Android dan iOS yang dapat memproses transaksi penjualan lebih cepat dan secara otomatis tersinkronisasi dengan aplikasi web Jurnal. Sehingga Anda bisa mengelola keuangan bisnis secara fleksibel kapanpun dan dimanapun.

Berikut software-software untuk bisnis yang bisa membantu memudahkan tugas operasional, pemasaran, HR Management, dan keuangan bisnis Anda. Sebenarnya masih banyak opsi software lain yang bisa Anda pelajari, namun informasi software di atas cukup untuk membuat aktivitas bisnis bekerja secara efektif dan efisien. Terkait permasalahan keuangan, Anda bisa mengandalkan software pada poin nomor dua di kategori software untuk kebutuhan keuangan bisnis, yaitu Jurnal.

 

Sumber: Jurnal.id

Belum ada Komentar untuk Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Bisnis

T 16 September 2022 F , A jasaaccounting

Dari beberapa sumber informasi bisa dikatakan bahwa akuntansi ini berhubungan dengan keuangan. Lalu sebenarnya apa perbedaan akuntansi dan keuangan tersebut? Berikut penjelasannya: Akuntansi pada dasarnya memiliki peran untuk mencatat dan mengelompokkan dari seluruh transaksi sehingga akan menghasilkan sebuah laporan keuangan... Selengkapnya

5 Strategi Pemasaran Online Terbaik Saat Ini

T 23 September 2021 F A jasaaccounting

Untuk mulia menerapkan pemasaran digital untuk produk bisnis Anda, berikut beberapa strategi pemasaran online yang umum digunakan oleh banyak perusahaan saat ini, antara lain: 1. Social Media Marketing Banyak cara melakukan pemasaran produk secara online, namun sejauh ini pemasaran melalui... Selengkapnya

Mengenal Software Zahir Accounting

T 26 Juni 2021 F , , A jasaaccounting

Zahir Accounting, merupakan produsen software akuntansi yang sangat inovatif dan mengedepankan kemudahan dalam penggunaannya. Pada tahun 1996, diluncurkan Zahir Accounting versi 1.0 dan pada tahun 1997 dikembangkan versi. 2.0. Dalam perkembangannya, Zahir Accounting terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan. Hingga saat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting