Beranda » Akuntansi Online » Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Bisnis

Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Bisnis

T Diposting oleh pada 16 September 2022
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1285 kali

Dari beberapa sumber informasi bisa dikatakan bahwa akuntansi ini berhubungan dengan keuangan.

Lalu sebenarnya apa perbedaan akuntansi dan keuangan tersebut?

Berikut penjelasannya:

Akuntansi pada dasarnya memiliki peran untuk mencatat dan mengelompokkan dari seluruh transaksi sehingga akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara akurat dan tepat.

Di mana akuntansi ini memiliki standar dan aturan tersendiri dalam melakukan pencatatan dan pengelompokan pada seluruh transaksi.

Selanjutnya dari akuntansi tersebut akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca.

Di mana laporan laba rugi akan menggambarkan suatu hasil dalam menjalankan bisnis dalam suatu periode dengan waktu tertentu.

Sedangkan untuk neraca akan menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada waktu tertentu.

Dengan begitu, dari laporan keuangan tersebutlah dapat membantu suatu perusahaan yang menjalankan bisnis untuk mengetahui hasil dan posisi keuangannya.

Sehingga ketika perusahaan mengalami suatu hasil dan posisi keuangan yang kurang baik, maka akan membantu untuk proses evaluasi terkait kinerja perusahaan.

Akan tetapi, jika hasil dan posisi keuangan dari perusahaan tersebut dapat dikatakan aman, maka juga harus tetap melakukan pengawasan dan peningkatan kinerja perusahaan.

Definisi akuntansi tersebut membuat suatu perusahaan perlu seseorang untuk menjadi akuntan dalam bisnis yang dijalankan.

Di mana akuntan akan berperan dalam mengelola seluruh fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan agar lebih akurat dan tepat.

Akuntan juga dapat membantu dalam merencanakan, dan mengontrol arus kas perusahaan.

Selain itu, akuntan juga bertugas merencanakan dan mengonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan serta masih banyak lagi.

Sedangkan untuk keuangan merupakan kegiatan dan suatu kemampuan atau otoritas dalam mencari atau menerima dana, mengelola dan mengeluarkan uang atau melakukan pembayara

Dalam melakukan proses atau tugas tersebut, staf keuangan tidak memiliki standar dan aturan yang baku seperti pada akuntansi.

Di mana dalam proses keuangan pada saat mencari dana dapat berupa dari pinjaman atau penerbitan saham.

Selanjutnya dana tersebut akan dikelola untuk modal bisnis, seperti misalnya pembelian bahan baku.

Kemudian dari hasil pengelolaan dana tersebut maka diharapkan akan menghasilkan dana berupa keuntungan.

Tentunya ketika perusahaan mampu melakukan proses keuangan dengan baik maka akan mendorong terjadinya kinerja perusahaan yang lebih produktif.

Belum ada Komentar untuk Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Bisnis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Bisnis

Jasa Akuntansi

T 29 November 2011 F A jasaaccounting

Jasa Akuntansi Jasa Akuntasi adalah jenis usaha yang memberikan layanan jasa seperti Jasa Pembukuan, Jasa Kompilasi Laporan Keuangan, Jasa Manajemen, Akuntansi Manajemen, Konsultasi Manajemen, Jasa Perpajakan, Jasa Prosedur yang Disepakati atas Informasi Keuangan, dan Jasa Sistem Teknologi Informasi. Manfaat Menggunakan... Selengkapnya

Software Penting yang Membantu Anda Menjalankan Bisnis Lebih Baik

T 17 Maret 2019 F , A jasaaccounting

Dunia teknologi terus berkembang pesat, khususnya di dunia bisnis dan kewirausahaan. Anda sebagai seorang pengusaha tentu harus tetap update akan software atau tools yang bisa membantu performa bisnis untuk meraih kesuksesan. Sejak maraknya penggunaan Internet pertama kali di tahun 90-an, semakin banyak pula vendor software untuk bisnis yang mengembangkan aplikasi untuk... Selengkapnya

Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

T 15 November 2021 F , , , , A jasaaccounting

Akuntansi bertanggung jawab atas perhitungan dan analisis arus keuangan di sebuah organisasi maupun perusahaan. Tentu dari tugas yang dilakukan, banyak manfaat yang dirasakan oleh organisasi atau perusahaan, di antaranya: 1. Sebagai Alat Pengendali Keuangan Akuntansi dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai alat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting