Beranda » Akuntansi Freelance » Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

T Diposting oleh pada 15 November 2021
F Kategori , , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2067 kali

Akuntansi bertanggung jawab atas perhitungan dan analisis arus keuangan di sebuah organisasi maupun perusahaan. Tentu dari tugas yang dilakukan, banyak manfaat yang dirasakan oleh organisasi atau perusahaan, di antaranya:

1. Sebagai Alat Pengendali Keuangan

Akuntansi dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai alat pengontrol keuangan.

Laporan akuntansi memuat informasi soal laba dan rugi perusahaan, yang mana laporan itu menjadi cermin bagi perusahaan atau organisasi untuk melakukan pengendalian atas uang yang ada.

Hal ini dilakukan agar kondisi pailit tidak terjadi.

2. Menjadi Dasar Keputusan Manajerial

Informasi keuangan menjadi patokan perusahaan mengambil keputusan entah itu besar atau kecil.

Kondisi keuangan adalah sesuatu yang vital dalam perusahaan, ketika manajerial dituntut mengambil keputusan dalam waktu singkat maka data pertama yang harus dilihat adalah laporan keuangan.

3. Mengatur Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia atau SDM adalah investasi perusahaan. Tanpa SDM mustahil perusahaan bisa berjalan dan menghasilkan keuntungan.

Untuk itu, dalam praktiknya penambahan atau pengurangan sumber daya bisa diputuskan menggunakan data akuntansi.

4. Informasi Pihak Eksternal

Perusahaan tentu tidak bisa berdiri sendiri dalam membangun bisnis. Ketika membutuhkan suntikan modal, investor jadi sasaran utama mereka.

Laporan keuangan menjadi bagian dari portofolio untuk investor yang nantinya akan memberikan suntikan modal.

5. Evaluasi

Laporan keuangan dibuat dalam satu periode tertentu entah per bulan, triwulan, atau tahunan. Laporan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan.

Data pengeluaran hingga pemasukan menggambarkan sejauh apa bisnis bisa berkembang dalam periode tersebut.

Sumber: zahir blog

Belum ada Komentar untuk Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Manfaat Akuntansi bagi Dunia Bisnis

Petty Cash: Kecil tapi Penting

T 21 Juli 2019 F , , A jasaaccounting

Petty Cash: Kecil tapi Penting Suatu hari, anda kedatangan klien dari sebuah perusahaan besar. Kedatangan klien tersebut tidak terjadwal oleh anda. Karena dadakan dan tidak ada persiapan, anda menyuruh salah seorang OB untuk membeli makanan dan minuman untuk tamu anda... Selengkapnya

Tinggalkan Cara Manual Mengelola Keuangan!

T 21 Juli 2019 F , , A jasaaccounting

Tinggalkan Cara Manual Mengelola Keuangan! Ini Alasannya Sebelum berkembangnya teknologi internet, proses pencatatan keuangan dilakukan dengan cara manual yaitu dengan melakukan rekapitulasi penjualan dengan menghitung seluruh bon dan kuitansi yang tercatat kemudian membandingkan uang yang diterima serta melakukan pengecekan sisa... Selengkapnya

5 Manfaat Besar Menggunakan Software Akuntansi Online

T 7 Agustus 2023 F A jasaaccounting

1. Memudahkan pekerjaan pemilik usaha: software ini bermanfaat untuk membantu pemilik usaha atau perusahaan dalam memproses kegiatan pencatatan dan perhitungan transaksi bisnis yang lebih efisien, cepat, instan, serta memudahkan untuk di akses. 2. Menghemat biaya sistem akuntansi: Sistem jenis ini... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting