Beranda » Akuntansi Online » Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

T Diposting oleh pada 14 September 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1600 kali

Instrumen penting yang akan membantu Anda dalam mengawasi kondisi keuangan perusahaan adalah neraca saldo.

Namun, fungsi dari neraca saldo tidak hanya sebatas hal itu saja. Masih ada manfaat lainnya yang berperan penting untuk mendukung bisnis Anda.

Untuk selengkapnya, tulisan ini akan membahas secara detail mengenai neraca saldo mulai dari pengertian hingga cara menyusunnya

Pengertian Neraca Saldo

Neraca saldo adalah laporan yang mencantumkan saldo semua akun buku besar umum perusahaan pada titik waktu tertentu.

Akun yang tercermin pada neraca saldo terkait dengan semua item akuntansi utama, termasuk aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, pengeluaran, keuntungan, dan kerugian.

Tujuan membuat laporan ini adalah untuk mengidentifikasi saldo entri debit dan kredit dari transaksi yang dicatat dalam buku besar umum pada titik waktu tertentu.

Fungsi Neraca Saldo

Fungsi penting dari laporan ini adalah sebagai bahan evaluasi karena menyajikan ringkasan daftar dari saldo-saldo akun yang berasal dari buku besar.

Untuk detailnya, berikut fungsi-fungsinya, antara lain:

1. Fungsi Persiapan

Fungsi persiapan bertujuan untuk mempersiapkan pembuatan laporan akhir keuangan pada suatu perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

2. Fungsi Pencatatan

Fungsi ini merupakan fungsi utama dari penerapan ilmu akuntansi dalam penyajian data pada perusahaan baik perusahaan barang atau jasa

Setiap data-data pada setiap akun rekening akan dibuat catatannya dengan penyajian yang diperingkas.

3. Fungsi Koreksi

Berfungsi sebagai bahan evaluasi sebelum pembuatannya hal yang lebih dulu dilakukan, yaitu melakukan koreksi terhadap seluruh catatan serta siklus akuntansi.

4. Fungsi Pengawasan

Catatan neraca saldo yang berisi tentang ringkasan suatu data pada setiap akun selain berfungsi sebagai informasi juga dapat berfungsi sebagai pengawasan keuangan dalam perusahaan baik perusahaan barang atau jasa.

Berdasarkan fungsi yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa manfaat atau kegunaan neraca saldo, baik untuk perusahaan jasa ataupun perusahaan barang, yakni:

  • Sebagai ringkasan dari akun-akun pada buku besar, bermanfaat untuk memberikan informasi yang valid untuk menyusun laba rugi laporan, ekuitas laporan dan neraca.
  • Seperti namanya dalam bahasa Inggris trial balance, bermanfaat untuk menguji keseimbangan jumlah debit dan kredit yang ada dalam buku besar serta membuktikan bahwa akurasi perhitungan dalam sistem pembukuan yang berjalan pada setiap tahunan operasi perusahaan.

Bentuk Neraca Saldo

Dilihat dari formatnya, bentuk neraca saldo sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari empat kolom seperti pada gambar berikut ini:

Keterangan pada kolom:

Nomer Akun

Kolom ini akan diisi oleh nomor kode akun secara urut (tidak boleh acak).

Nama Akun/Keterangan

Kolom ini akan diisi oleh Nama-nama akun yang ada dalam buku besar perusahaan tersebut dalam periode tertentu.

Debet

Kolom ini akan diisi dengan saldo debit dari setiap akun yang bersumber dari buku besar perusahaan tertentu dalam periode tertentu.

Kredit

Kolom ini akan diisi dengan saldo kredit dari setiap akun yang bersumber dari buku perusahaan tertentu dalam periode tertentu.

Cara Membuat Neraca Saldo

Saldo-saldo pada buku besar bersifat sementara dan menjadi dasar penyusunan neraca saldo. Penyusunan laporan ini biasanya dilakukan pada akhir bulan atau akhir periode akuntansi

Penyusunan laporan ini bergantung pada bentuk akun dibuku besar.

Jika buku besar berbentuk stafel, dapat disusun dengan cara memasukkan jumlah saldo yang sudah tersedia pada setiap akun dibuku besar.

Sedangkan jika akun buku besar berbentuk skontro atau T, saldo setiap akun di buku besar harus dihitung terlebih dahulu.

Langkah-langkah penyusunannya sebagai berikut ini:

1. Menghitung saldo tiap-tiap akun buku besar

Untuk menghitung saldo, pertama menjumlahkan sisi debit dan kredit dari akun buku besar, selanjutnya menentukan saldo tiap-tiap akun.

Selanjutnya, memindahkan saldo tiap akun buku besar berbentuk stafel sesuai letak debit dan kredit.

2. Menyusun saldo tiap akun buku besar

Untuk memulai langkah ini, terlebih dahulu harus menyesuaikan nomor kode akun dan tingkat liquiditas.

3. Menghitung semua total yang berada di debet dan di credit

Langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah balance antara debit dan kredit.

Sumber: Zahiraccounting

Belum ada Komentar untuk Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Neraca Saldo: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Petty Cash: Kecil tapi Penting

T 21 Juli 2019 F , , A jasaaccounting

Petty Cash: Kecil tapi Penting Suatu hari, anda kedatangan klien dari sebuah perusahaan besar. Kedatangan klien tersebut tidak terjadwal oleh anda. Karena dadakan dan tidak ada persiapan, anda menyuruh salah seorang OB untuk membeli makanan dan minuman untuk tamu anda... Selengkapnya

SOFTWARE AKUNTANSI ATAU EXCEL? MANA YANG LEBIH BAIK UNTUK BISNIS KAMU?

T 21 Juni 2021 F , , A jasaaccounting

Membuat laporan keuangan merupakan suatu kewajiban yang dilakukan baik untuk bisnis dalam skala besar maupun kecil. Hal ini dikarenakan melalui laporan keuangan segala biaya dan pendapatan dalam menjalankan bisnis akan terlihat dengan baik. Laporan keuangan adalah laporan yang berisi data... Selengkapnya

3 Peran Penting Auditor Internal Untuk Mencegah Fraud

T 22 September 2022 F , , , A jasaaccounting

Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari fraud adalah meminta auditor internal untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan. Dengan tindakan ini, auditor dapat mendeteksi berbagai kecurangan yang terjadi di perusahaan Anda. Dalam menjalankan analisis ini, auditor menjalankan peran... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting