Beranda » Akuntansi Freelance » Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis

Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis

T Diposting oleh pada 17 April 2022
F Kategori , , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1706 kali

Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis

Untuk menghadapi perubahan bisnis yang sangat cepat ini Anda dituntut untuk menempa diri agar siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi.

Berikut adalah 5 langkah yang harus dilakukan pebisnis dalam menghadapi perubahan bisnis.

1. Meningkatkan mutu SDM

Sebuah bisnis yang berkembang tidak terlepas dengan persaingan yang semakin ketat.

Agar bisnis Anda tetap survive dan mampu bersaing maka meningkatkan mutu SDM adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan.

Seluruh personel yang terlibat dalam bisnis Anda, termasuk juga Anda selaku owner harus meningkatkan kualitas diri.

Tantangan bisnis yang akan Anda hadapi di kemudian hari akan semakin berat.

Jika Anda dan tim tidak segera memperbaiki diri dan meningkatkan mutu personel tentunya akan menurunkan performa dan kredibilitas usaha Anda.

Senantiasa meningkatkan kualitas diri akan membuat bisnis Anda tetap bertahan di berbagai keadaan.

2. Responsif

Cepat tanggap dan responsif terhadap perubahan yang mendadak terjadi dapat dihadapi jika Anda memiliki SDM yang berkualitas dan tangguh.

Kejelian Anda dalam melihat peluang baru, kecepatan dalam menangani keluhan konsumen, tanggap terhadap serangan kompetitor membutuhkan strategi yang jitu dalam menghadapinya.

Jika Anda salah dalam menangani keluhan konsumen, maka konsumen akan semakin kecewa, meninggalkan Anda, dan beralih ke kompetitor.

3. Upgrade teknologi

Perkembangan teknologi yang berjalan cepat tidak boleh diabaikan. Anda harus memperhatikan perkembangan teknologi yang dapat mendukung jalannya bisnis Anda.

Sarana dan prasarana produksi memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung peningkatan kualitas produk.

Teknologi terbaru atau canggih memungkinkan dihasilkannya berbagai mesin atau alat produksi yang lebih efisien dan efektif sehingga dapat menekan ongkos produksi.

Upgrade teknologi, sarana dan prasarana ini juga membutuhkan tenaga kerja yang handal karena tidak semua orang bisa melakukannya.

4. Meningkatkan akses informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting saat ini. Begitu juga dalam jalannya sebuah usaha, keterbatasan akses informasi akan membuat bisnis Anda ketinggalan zaman.

Untuk itu tingkatkan akses informasi yang Anda gunakan.

Jika sebelumnya hanya menggunakan televisi atau surat kabar sebagai sumber informasi, maka sekarang gunakan internet, sosial media untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Selain dari media online dan offline, informasi juga bisa Anda dapatkan melalui orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Memperluas jaringan dan membangun relasi dengan mereka yang memiliki pengalaman di bidang tertentu akan memperluas wacana dan wawasan Anda.

5. Evaluasi pencapaian target

Evaluasi pada sebuah bisnis mutlak dilakukan untuk mengetahui apakah strategi yang dijalankan sudah berjalan dengan baik atau masih ada kekurangan.

Melakukan evaluasi secara berkala akan menciptakan sistem dalam organisasi semakin baik.

Dengan sistem manajemen yang baik dan tertata maka bisnis akan lebih siap dalam menghadapi perubahan.

Sumber: blogzahir

Belum ada Komentar untuk Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Cara Mengatasi Perubahan Lingkungan Bisnis

3 Peran Penting Auditor Internal Untuk Mencegah Fraud

T 22 September 2022 F , , , A jasaaccounting

Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari fraud adalah meminta auditor internal untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan. Dengan tindakan ini, auditor dapat mendeteksi berbagai kecurangan yang terjadi di perusahaan Anda. Dalam menjalankan analisis ini, auditor menjalankan peran... Selengkapnya

JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN YANG PERLU PENGUSAHA STARTUP KETAHUI

T 21 Juni 2021 F , , A jasaaccounting

Laporan keuangan dan manfaatnya Salah faktor agar bisnis dapat berkembang adalah melalui kondisi kesehatan keuangan bisnis. Kamu dapat melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis melalui laporan keuangan, bukan hanya itu melalui laporan keuangan kamu dapat mengambil keputusan mengenai perkembangan bisnis kedepan.... Selengkapnya

Coba Software Gratis

T 24 Januari 0205 F A jasaaccounting

BASIC Rp 299 ribu/ 3 User HARGA PER BULAN Pilihan Berlangganan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 Bulan Coba Gratis ESSENTIAL Rp 479 ribu/ 3 User HARGA PER BULAN Pilihan Berlangganan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 Bulan Coba Gratis PROFESSIONAL Rp 579 ribu/... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting