Beranda » Akuntansi Online » 5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

T Diposting oleh pada 17 April 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2753 kali

Sudah sewajarnya para pengusaha memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya, perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk strategi, usaha, atau kiat pemasaran bisnis. Di tahun-tahun terakhir ini, sudah banyak bisnis yang memanfaatkan Digital Marketing dalam kiat pemasarannya. Namun, tentu sebelum mengaplikasikannya, Anda sebagai pebisnis perlu memahami istilah-istilah yang terdapat di dalam Digital Marketing.

Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk memanfaatkan fitur kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) dalam kampanye pemasaran Anda? Apakah Anda menggunakan relevansi kata kunci untuk meningkatkan hasil Search Engine Optimization (SEO) Anda? Tahukah Anda akan fungsi dari fitur Lookalike Audience pada platform periklanan Facebook? Apakah Anda mengoptimalkan peringkat AdWords Anda dengan meningkatkan Quality Score Anda?

Istilah-istilah tersebut adalah istilah-istilah yang tidak asing dalam dunia Digital Marketing di abad ini. Lebih detailnya, berikut lima istilah yang biasa didengar dalam dunia Digital Marketing yang perlu Anda ketahui!

Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (AI)

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda PahamiAI merupakan salah satu istilah Digital Marketing yang mulai populer dari sekitar tahun 2017. Namun, teknologi AI sendiri semakin berkembang dan lebih mudah digunakan oleh pengguna khususnya dalam praktik pemasaran. Lebih jelasnya, AI adalah bidang ilmu komputer yang menekankan penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Dengan AI, aktivitas seperti respon pengenalan suara, perencanaan, dan penyelesaian masalah terkait bisnis dan pemasaran sekarang bisa dilakukan secara otomatis.

Namun, apa arti AI bagi Digital Marketing? Banyak orang yang menduga bahwa para pemasar yang mulai menggunakan AI akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Dan pada kenyataannya, AI benar-benar berfungsi secara efektif untuk meningkatkan performa pemasaran bisnis.

AI dapat memberikan hasil dari ketiga tahapan pengalaman konsumen:

  • Menarik perhatian konsumen – Pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing) (NLP) dan generalisir bahasa alami (Natural Language Generation) (NLG)yang digunakan di AI dapat mengotomatisasi dan mempercepat pembuatan strategi konten untuk kebutuhan pemasaran. Konten yang dibuat diharapkan bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk bisnis Anda.
  • Konversi – sistem AI dapat mempersonalisasi dan menguji landing page dan meningkatkan konversi pemasaran. Landing page adalah halaman situs yang secara otomatis dikunjungi pelanggan ketika mereka meng-klik AdWord, AdBanner, dan jenis periklanan digital lain yang Anda buat. Sedangkan konversi adalah hasil dari keputusan pengunjung web atau media sosial untuk membeli poduk atau jasa bisnis Anda ketika mereka selesai mengunjungi web atau media sosial bisnis Anda.
  • Memberikan kepuasan pelanggan – Fitur yang dimiliki AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan pembeli banyak informasi lebih dari apa yang mereka inginkan.

Pemasaran Kontekstual (Contextual Marketing)

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda PahamiIstilah ini berfungsi memberikan konten yang tepat pada saat yang tepat berdasarkan preferensi klien atau pelanggan potensial. Dengan menggunakan pertimbangan target perilaku pelanggan dan membangkitkan kesadaran brand (Brand Awareness), Pemasaran Kontekstual memberikan hasil yang lebih efektif bagi para pemasar bisnis. Ini meningkatkan keakuratan target iklan Anda berdasarkan informasi dari publik seperti hasil pencarian terbaru dan riwayat web yang biasa diakses melalui mesin pencari seperti Google dan lainnya. Tujuannya jelas untuk menawarkan produk dan jasa bisnis Anda kepada target pelanggan. Pemasaran Kontekstual menawarkan beberapa manfaat bagi pemasar, yaitu:

  • Efektivitas biaya – Anda sebagai pemasar tidak memerlukan dana investasi besar. Anda hanya perlu mengumpulkan data yang tepat dalam alat yang biasa disebut Customer Relationship Management (CRM).
  • Target Traffic – Dengan berfokus pada perilaku dan demografi tertentu, Anda dapat memberikan prospek bisnis Anda saat calon pelanggan akan membuat keputusan pembelian.
  • Pengalaman Pelanggan (User Experience) yang disempurnakan – Karena Pemasaran Kontekstual sangat dipersonalisasi, pesan pemasaran akan dikirim ke konsumen secara tepat waktu dan diposisikan secara strategis. Ini lebih efisien dibandingkan Anda “membombardir” mereka dengan pesan pemasaran yang sebenarnya tidak mereka inginkan.
  • Peningkatan keterlibatan pelanggan – Anda tidak hanya bisa memperkenalkan brandAnda di depan pelanggan. Namun Anda bisa mendorong partisipasi aktif pelanggan terhadap brand Anda dengan memanfaatkan Pemasaran Kontekstual.
  • Tidak mengganggu konsumen – Dengan waktu dan kondisi yang tepat, kiat pemasaran Anda tidak tampak seperti iklan pada umumnya. Pesan pemasaran Anda justru akan muncul sebagai solusi untuk masalah para konsumen.
  • Penjualan dan pendapatan yang lebih besar – Karena pemasaran Anda dikondisikan dan dipersonalisasi dengan target yang tepat, tingkat konversi akan lebih tinggi dan penjualan akan meningkat.

Biaya Per Akuisisi (BPA)

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda PahamiBPA adalah ukuran biaya untuk memperoleh pelanggan yang mengklik tautan dan melakukan aktivitas pembelian di web bisnis Anda. Atau dengan kata lain, BPA adalah pengembalian dari investasi pemasaran, khususnya, total pengeluaran untuk Digital Marketing atas total konversi front-end. Berikut adalah pengertian khusus dari BPA:

  • CPA adalah pengukuran berbasis penjualan dan prospek yang berbeda dari pengertian Biaya per Impresi (BPI) dan biaya per klik (BPK). Sementara BPI dan BPK didasarkan pada traffic publik, BPA didasarkan dari tindakan Lead GenerationLead Generation sendiri adalah usaha untuk menarik dan mengubah calon pelanggan potensial menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.
  • Meskipun tidak identik, BPA setara dengan Return On Investment (ROI). Karena BPA dapat menjadi indikator awal keberhasilan kampanye Digital Marketing jangka panjang terkait Lead Generation.

Lookalike Audience

Fitur Lookalike Audience di platform Facebook adalah opsi penargetan pelanggan lanjutan dalam hal layanan periklanan yang melebihi kemampuan dasar penargetan berdasarkan minat, perilaku, dan data demografis. Lookalike Audience memberikan kemampuan untuk menemukan orang-orang baru berdasarkan kemiripan mereka dengan pelanggan tetap Anda dengan menggunakan sampel persentase orang-orang di negara atau daerah lokal bisnis. Fitur Lookalike Audience adalah:

  • Video Lookalike Audience – pengguna Facebook menonton sekitar 100 juta jam video di Facebook setiap harinya. Serupa dengan AI, fitur ini akan secara otomatis menemukan pelanggan yang menonton video seperti video pemasaran milik bisnis Anda.
  • Menyiapkan calon pelanggan yang mirip dengan pelanggan-pelanggan di daftar email bisnis Anda – Mengambil daftar pelanggan yang ada dan menggunakannya sebagai sumber untuk menemukan calon pelanggan yang serupa.
  • Menemukan calon pelanggan yang serupa dengan pelanggan tetap yang menyukai halaman Facebook bisnis Anda – Jika Anda memiliki banyak penggemar halaman Facebook dan mereka aktif terlibat dengan posting-an Anda, Lookalike Audience adalah fitur yang tepat untuk menemukan target calon pelanggan yang serupa.

Quality Score

5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda PahamiQuality Score adalah peringkat dari Google AdWords yang menyediakan ringkasan data relevansi dan kualitas kata kunci (keywords) yang digunakan dalam kampanye Pay Per Cliks (PPC). Sebagian besar Quality Score ditentukan oleh Click-Through Rates (CTR) yang diharapkan, relevansi Ad Copy, kualitas dan relevansi Landing Page, dan faktor-faktor lainnya. Memahami Quality Score bisnis Anda penting, karena:

  • Jika Anda meningkatkan Quality Score Anda, itu dapat menurunkan Biaya per Klik (BPK) bisnis Anda.
  • Ketika BPK Anda turun, itu dapat menurunkan Biaya per Konversi
  • Jika Anda menurunkan Biaya per Konversi, itu dapat meningkatkan pendapatan Anda
    dan membantu Anda menurunkan Biaya per Akuisisi (BPA)

Berikut lima istilah Digital Marketing umum yang perlu Anda ketahui dan pahami. Tujuan utamanya jelas untuk bisa menurunkan BPA dan meningkatkan konversi yang berujung peningkatan pendapatan bisnis. Namun berbicara mengenai pendapatan, maka Anda harus melaporkannya secara formal melalui Laporan Keuangan atau lebih tepatnya Laporan Laba Rugi. Anda membutuhkan alat yang bisa mencatat transaksi-transaksi bisnis Anda dan mengolahnya menjadi Laporan Keuangan yang berguna untuk salah satunya sebagai alat evaluasi bisnis.

Sumber: jurnal.id

Belum ada Komentar untuk 5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 5 Istilah Umum di Dunia Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

Bagaimana Cara Mengelola Cash Flow dengan Benar

T 21 Juli 2019 F , , A jasaaccounting

Bagaimana Cara Mengelola Cash Flow dengan Benar Kas adalah hal terpenting dari manajemen keuangan dari bisnis yang sedang berkembang. Namun pengelolaan hutang piutang bisnis yang tidak baik akan menjadi masalah besar dalam bisnis anda. manajemen kas adalah solusinya. Sederhananya, manajemen... Selengkapnya

Petty Cash: Kecil tapi Penting

T 21 Juli 2019 F , , A jasaaccounting

Petty Cash: Kecil tapi Penting Suatu hari, anda kedatangan klien dari sebuah perusahaan besar. Kedatangan klien tersebut tidak terjadwal oleh anda. Karena dadakan dan tidak ada persiapan, anda menyuruh salah seorang OB untuk membeli makanan dan minuman untuk tamu anda... Selengkapnya

Jasa Accounting

T 3 Juli 2018 F A jasaaccounting

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi kami di 081286965898 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa akuntansi kami

Jasa Accounting

Jasa Accounting Adalah solusi mudah jasa pembukuan usaha anda. Dengan didukung  Tenaga Accounting yang berpengalaman lebih dari 10 tahun lebih. Telah dipercaya puluhan perusahaan dijabodetabek dan bali. Harga yang kami tawarkanpun sangat terjangkau mulai Rp 950.000. Segera hubungi kami di  081286965898  (WA).

Bekerjasama dengan: Jurnal

Zahir Accounting