Pemasaran adalah salah satu mata rantai yang paling penting dalam suatu kegiatan bisnis, begitu juga bagi UKM. Meskipun begitu, sampai hari ini para pelaku usaha khususnya UKM masih sering menghadapi beberapa kendala dalam hal menarik perhatian calon konsumen. Sehingga tidak heran jika banyak pelaku UKM yang memiliki pelanggan tidak terlalu besar, dan omset penjualan yang didapatkan pun juga belum bisa maksimal. Tanpa pemasaran, produk yang anda hasilkan tidak akan sampai ke tangan konsumen dan UKM anda pun tidak akan memperoleh pendapatan. Namun bukan berarti ketika anda sudah melakukan kegiatan pemasaran, maka produk anda akan langsung diterima dan dibeli oleh masyarakat. Dalam pemasaran produk UKM harus diketahui keinginan konsumen sehingga Anda dapat menghadirkan produk yang diinginkan konsumen. Untuk itu, harus dilakukan evaluasi produk dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan produk terbaik. Perlu strategi pemasaran khusus yang dapat membantu anda mengefektifkan pemasaran produk UKM anda. Berikut beberapa strategi jitu pemasaran produk UKM.

1. Mengikuti Pameran Produk UKM
Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang paling sering dilakukan dan terbukti cukup ampuh untuk menarik pelanggan. Saat ini pemerintah, melalui Kementerian Koperasi dan UKM, sedang menggalakan pemasaran produk-produk UKM berkualitas. Jika anda ingin memasarkan produk anda secara langsung dan luas, anda sebaiknya mengikuti pameran produk UKM ini. Melalui pameran ini, anda pun akan bertemu konsumen potensial anda dan melihat bagaimana penerimaan produk yang telah anda buat. Hasil dari pameran produk ini pun biasanya akan jadi evaluasi para pengusaha UKM untuk memperbaiki kualitas produknya.

2. Memanfaatkan Social Media
Saat ini media sosial menjadi salah satu media paling populer untuk pemasaran produk UKM. Namun sepertinya tidak banyak pengusaha UKM yang mencoba cara ini. Padahal potensi penjualan jika melakukan pemasaran produk UKM melalui social media sangat lah besar. Jika anda merasa belum bisa, mungkin anda dapat mencoba pelatihan pemasaran produk melalui social media. Karena pelatihan-pelatihan tersebut saat ini sering ditemukan di beberapa tempat. Pelatihan ini dapat membantu anda untuk dapat melakukan kegiatan pemasaran produk UKM anda di social media.

3. Membagikan Produk Tester
Jika produk anda adalah produk kuliner, mungkin anda dapat mencoba strategi tester ini. Strategi tester adalah membagikan secara gratis produk anda kepada calon pembeli untuk dicoba dan dinilai. Memberikan tester adalah kegiatan pemasaran produk UKM yang cukup efektif. Dari kegiatan ini, calon pembeli juga bisa langsung merasakan sendiri produk yang anda buat dan mengetahui apakah produk tersebut sesuai dengan pesan yang anda sampaikan ketika melakukan kegiatan pemasaran.

4. Membuat Website
Saat ini, pemasaran melalui media internet menjadi pemasaran yang cukup efektif karena memerlukan biaya yang tidak banyak. Biaya membuat website tidak terlalu besar dibandingkan dengan kampanye pemasaran lain. Dengan membuat website pun, pengusaha dapat memasarkan produknya dengan mudah dan jangkauan yang luas.